:: Place itu Penting !

Dalam dunia marketing, place merupakan salah satu unsur penting yang tak boleh diabaikan, begitu kira-kira pendapat mbahnya ilmu Marketing, Philip Kotler. Untuk yang satu ini saya kira kita semua sepakat, semakin strategis suatu lokasi maka akan semakin menjadi incaran dan rebutan banyak orang. Dalam dunia perplace-an ini kita mengenal berbagai istilah mentereng seperti kawasan segitiga emas, ring satu, ring dua dan lain sebagainya.

Alhamdulillah, warung kami yang mungil itu, meskipun terletak di pinggiran kampung tetapi lokasinya cukup bagus, ini paling tidak menurut kami lho ya. Terletak di pinggir jalan menuju ke sebuah SMP Negeri, warung itu tiap hari dilewati oleh ratusan siswa yang menuju sekolah tersebut. Lalu, tepat di depan warung berdiri sebuah puskesmas yang setiap harinya melayani ratusan pasien dari berbagai tempat. Dan kemudian, di belakangnya juga berdiri dua sekolah setingkat SD dan sebuah SMP swasta.

Dengan lokasi seperti ini, kayaknya kami tak perlu berkeringat untuk mengenalkan warung itu kepada masyarakat sekitar, karena sambil memejamkan mata pun pasti akan dilewati. Yang mungkin perlu digarap agak serius adalah bagaimana menata agar warung dan barang yang dijajakannya kelihatan lebih nendang dan eye catching.

Alhamdulillah, setelah berjalan beberapa lama, warung itu mulai dikenal. Anak-anak SMP seringkali menjadikan warung itu sebagai tempat nongkrong (habis kalau mau nongkrong di mall kan harus ke kota Depok). Bahkan kalau hari Sabtu, anak-anak sering bilang, “Bu, kita ekskulnya disini saja ya!”.

Para ibu yang mengantarkan anak-anaknya bersekolah di SD, kadang juga menjadikan warung itu sebagai home base mereka untuk ngrumpi (tapi yang baik-baik saja lho ya). Lalu para pengantar pasien puskesmas sering juga longak-longok melihat warung dan tentu saja apa yang ada di dalamnya.

Jadi deh warung itu selalu kelihatan ramai setiap harinya, meskipun kadang yang beli satu tapi yang menemani beli sepuluh hehe…. (oh nggak, mereka juga pada belanja kok !).

Bagi kami -terutama mamahnya anak-anak, si penjaga warung, ramainya pengunjung seperti itu juga membawa keberkahan tersendiri. Anak-anak yang berkerumun itu kan temannya anak-anak kami juga. Dari mereka kami bisa menggali berbagai permasalahan, keinginan, cita-cita, keresahan dan segala tetek bengek lainnya yang dihadapi oleh generasi yang sedang tumbuh itu.

Dari ibu-ibu yang berkumpul kami juga bisa sharing tentang berbagai hal, mulai dari masalah harga kebutuhan sehari-hari yang terus melangit, susahnya mencari dan membelanjakan duit, anak-anak yang pada pintar membantah kayak di sinetron, hingga soal-soal yang lebih “berat” tentang bagaimana kita harus menyiapkan diri untuk kehidupan yang jauh lebih panjang, di akherat nanti.

Ya, kami berharap, di samping menjadi tempat jualan, warung kecil ini juga bisa menjadi tempat belajar dan berbagi ilmu dan pengalaman. Bukankah hikmah dan kearifan itu tersebar dimana-mana, tergantung kita mau atau tidak memungutnya. Semoga ya !

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    ipung purwanta said,

    Assalamualaikum,
    salam kenal, blognya isinya bagus, hampir semuanya mau saya baca

    ::> ipung purwanta
    Waalaikum salam terima kasih, silahkan juga kunjungi blog2 kami yang lain di blogroll

  2. 2

    andya rini said,

    salam bunayya,
    saya sangat tertarik, ingin membuat usaha yg sejenis dengan ibu. saya berharap ibu bisa membantu membagi ilmu seperti proposal bisnis dan cara mendapatkan para supplier nya.. trimakasih


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: