:: Mau Bisnis, Jangan Ditunda-tunda !

Berdiri di tepi pantai

Sambil bercerita manfaat berenang

Sungguh tiada gunanya

Wahai jiwa

Ceburkanlah dirimu

Ke dalam lautan

Engkau akan sampai ke pulau seberang

Penggalan syair Persia lama di atas kayaknya cukup relevan untuk direnungkan oleh mereka yang ingin terjun dalam bisnis tapi masih diliputi suasana keraguan.

Banyak di antara kita yang bercita-cita menjadi pebisnis, tetapi ketika ditanya kapan akan memulainya, banyak yang gamang menjawabnya dan kemudian malah mundur teratur.

Banyak yang takut jangan-jangan nanti jualannya nggak laku, modalnya habis atau jangan-jangan nanti muncul banyak pesaing ketika bisnisnya mulai berjalan dan seribu jangan-jangan lainnya.

Kekhawatiran semacam itu merupakan hal yang wajar yang muncul pada setiap orang yang ingin terjun ke dunia baru, termasuk dunia bisnis. Tetapi yang lebih mengkhawatirkan sebenarnya adalah ketika kekhawatiran-kekhawatiran di atas kita pelihara dan kita kembangkan terus dalam diri kita, sehingga kita tidak berani untuk segera “action”.

Di sinilah problem sebenarnya yang kita hadapi. Modal ada, teori dan ilmu bisnis juga sudah banyak dibaca, yang tidak ada ya keberanian untuk mengambil keputusan itu sendiri.

Padahal, jika kita tidak menunda-nunda rencana kita di atas dan kita cepat mengambil keputusan untuk segera memulai berbisnis, maka sebenarnya kita telah melakukan sebuah langkah besar dalam hidup kita. Di titik inilah kita telah mengambil keputusan untuk memulai belajar dari realitas kehidupan yang sebenarnya, yang kadang-kadang sangat jauh jaraknya dengan apa yang pernah kita pelajari di dunia sekolah.

Dari realitas dunia bisnis yang kita terjuni ini, insyaallah kita bisa belajar banyak hal, mulai dari bagaimana mencari dan memutar modal, membelanjakan dan menata barang dagangan, menjalin dan menjaring konsumen, memenangkan persaingan, mengembangkan bisnis agar bisa beranak pinak dan lain sebagainya.

Selain dari itu, yang lebih penting lagi adalah kita dapat belajar untuk bersabar, telaten, tidak bernafsu untuk cepat besar dan belajar untuk mempraktekkan dua kosa kata lama yang sering dinasehatkan oleh para guru dan orang tua kita ; memeras keringat dan membanting tulang.

Masih mau berbisnis ? Cepat jangan ditunda-tunda ! Wallahu a’lam

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    AGUS said,

    Mas Mba very good motivasinya , maturnuwun ,sukron,merciboku,thanks

    ::> AGUS
    Makasih kembali, mudah2an ada manfaatnya…

  2. 2

    Taufik said,

    benar jangan jadikan dirikita sebagai kuburan-kuburan cita-cita. bila ada ide usaha lakukan sekarang !

    ::> taufik
    Betul, disitu kita banyak belajar apa yang terbaik yang harus kita lakukan

  3. 3

    cah ngganen said,

    Wah anda ini cocok jadi motifator sebetulnya, semoga artikel ini dibaca netter-netter di ngadirejo sono supaya lahir pengusaha-pengusaha muda yang semangat, kreatif, inovatif dan berkontribusi di dalam pembangunan dan pertumbuhan perekonomian daerah, saya tunggu ya artikel menarik lainya….salam super…..

    ::> cah ngganen
    Terima kasih, paling tidak untuk memotivasi diri sendiri ya… Ya mudah2an kita tidak mudah patah arang, loyo dan lain sebagainya…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: